Rumah Adat lampung, dari Sinan Arsitek

Indonesia memang memiliki banyak adat dan budaya, setiap provinsi di negara Indonesia yang memiliki ciri khas masing – masing. Memiliki ciri khas mulai dari bahasa, baju tradisional, makanan, budaya, hingga arsitektur rumahnya pun berbeda – beda seperti Rumah Adat lampung tidak sama dengan Rumah Adat Jawa.

Salah satu rumah tradisional daerah sumatra yang cukup unik dan menarik dari arsitektur rumah tradisional lampung, mulai dari panggung yang kebanyakan mendominasi material kayu ini terlihat perhatian dan penuh filosofi. Berikut Rumah Adat lampung dari sinanarsitek.com.

Daftar Isi :
Sejarah dan Istilah Rumah Adat Lampung
Filosofi Nuwo Sesat, rumah adat Lampung
Jenis-jenis Nuwo Sesat
Bagian-bagian pada Nuwo Sesat
Keunikan dari Bangunan Rumah Tradisional Lampung
Rumah Tradisional Lampung Nuwow Sesat Berubah Fungsi

Sejarah dan Istilah Rumah Adat Lampung

Arsitektur Rumah tradisional dari Lampung memiliki nama yaitu Nuwo Sesat, nama nuwo sesat terdiri dari dua kata yaitu nuwo yang berarti hunian dan sesat yang berarti adat jika diartikan Nuwo Sesat memiliki makna rumah adat dalam bahasa lampung.

Desain rumah memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan adat bagi para penyeimbang adat untuk musyawarah adat, didalam rumah panggung ini dapat meraka yang terlibat bersama menyelesaikan masalah serta mencari jalan keluar untuk kekeluargaan.

Filosofi Nuwo Sesat, Rumah Adat Lampung

Secara arsitektur, mayoritas dari sebuah rumah dibbangun dengan menggnakan material bambu atau kayu dan hanya diikat dengan menggunakan tali tenanun yang dari tanaman.

Dengan dinding rumah yang dibuat dengan dasar kkayu yang lembut dan mudah dipotong – potong, dan atap dari rumah adat menggunakan rumput alang – alang atau serabut dari pohon kelapa yang dapat menangkal air hujan untuk masuk ke dalam rumah.

Arsitektur rumah ini dibangun dengan sistem bertingkat dan tidak menyentuh tanah dasar seagai salah satu cara untuk membuat sirkulasi udara lancar dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk, selain itu dapat membangun dengan membuat rumah dengan bertingkat bisa mengurangi kelembapan yang merusak makanan dan sebuah benda.

Meskipun cukup disayangkan karena jumlah dari rumah adat yang ada di Indonesia yang semakin berkurang secara drastis karena terdapat perkembangan ekonomi, teknologi dan sosial budaya yang membuat desain rumah menjadi terlihat maju dan modern.

Jenis-jenis Nuwo Sesat

Arsitektur rumah tradisional lampung bukan hanya satu, desain rumah ini memiliki tiga jenis desain rumah. Berikut Tiga jenis desain nuwo sesat menurut sinanarsitek.com

Nuwo Sesat Balai Agung

Luas rumah ini memiliki ukuran besar yang dibandingkan desain desain rumah yang ada di daerah lampung, nuwo sesat balai agung tidak digunakan sebagai rumah tinggal. Karena ukurannya yang besar dan tinggi, jika kalian ingin memasuki rumah ini harus melewati tangga yang biasa disebut dengan juga jambat agung.

Dan di sepanjang jambat agung, yang diletakkan payung berwarna putih, kuning dan merah yang melambangkan kesatuan dari masyarakat lampung dan bukan hanya lampung di Nuwo sesat Balai Agung juga terdapat ikon yang berupa burung garuda yang konon dilambangkan sebagai kendaraan Dewa Wisnu.

Nuwo Balak

Desain Nuwo Balak yang merupakan tempat tinggal khusus para pemangku atau penyeimbang adat dan kepala suku, rumah ini termasuk rumah tinggal paling besar dengan memiliki ukuran 30×15 meter. Biasanya, Nuwo Balak memiliki serambi yang cukup luas yang digunakan untuk menerima tamu atau untuk bermusyawarah.

Nuwo Lunik

Desain Nuwo Lunik ini merupakan tempat tinggal masyarakat lampung, yang memiliki ukran yang kecil dan tidak memiliki serambi. Nuwo lunik memiliki beberapa ruangan yang disekat menggunakan anyaman kayu yang hampir semua terletak di rumah atau ruangan utama, dan desain rumah yang terbalik atau biasa menyerupai limas.

Nuwo Barat / Rumah Gadang

Rumah gadang atau Rumah adat godang merupakan rumah adat dari sumatra barat, rumah adat terebut biasanya menyebut tumah Bagonjong atau rumah baanjuang yang berasal dari Minangkabau.

Orang boleh membangun desain rumah minangkabau adalah sebuah kawasan yang telah berstatus nagari, rumah gadang ini memiliki keunikan yang dimana atap tersebut seperti tandung kerbau dan bagian rumahnya seperti kapal.

Bagian-bagian pada Nuwo Sesat

Bagian - bagian Rumah Adat lampung

Bukan hanya sekedar filosofi dengan karakteristik adat, yang hampir selruh bagian pada Nuwo sesat yang memiliki nuansa menarik. Berikut bagian – bagian penting pada arsitektur rumah tradisional lampung :

  • Pusiban: ruangan yang diperuntukkan buat musyawarah secara formal nan sakral berskala besar.
  • Anjungan: ruangan buat menerima tamu yang digunakan buat pertemuan kecil di rumah.
  • Ruang Tetabuhan: tempat yang digunakan buat menaruh bermacam tipe perlengkapan musik adat.
  • Ruang Gajah Merem: tempat istirahat untuk para keseimbangan adat.- Ijan Geladak: tangga masuk yang dilengkapi oleh atap ataupun rurung agung.
  • Kabik Tengah: tempat tidur anak.

Keunikan dari Bangunan Rumah Adat Lampung

Rumah Adat lampung

Filosofi bukan hanya sekedar filosofi dan karakteristik setiap ruangan, Nuwp sesat terdapat memiliki ciri khas yang terdapat di sisi arsitektur. karena, pondasi rumah ini juga sangat menarik bahkan dirancang dengan komposisi yang teratur.

Dengan memiliki batu pondasi ini memiliki umpak yang terbuat dengan material batu memiliki 25 buah dengan terdapat tiang sebanyak 20 buah, selain material batu yang bisa dikontraskan dengan papan kayu atau bambu yang dapat menahan berat.

Secara keseluruhan bangunan yaitu menggunakan papan dan bambu yang dirancang dengan sejajar dan dibuat sebagai dinding, selain itu engsel dan rangka besi yang membentuk setangkup ganda yang terlibang besar.

Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Berubah Fungsi

Rumah Adat lampung berubah fungsi

Biasanya Arsitektur tradisional hunian nuwow sesat memang ditujukan sebagai tempat bermusyawarah bagi warga sekitar, dengan berkembangnya zaman fungsi ruma adat dari lampung ini sudah berubah.

Kebanyakan arsitektur rumah lampung Nuwow sesat diubah menjadi rumah tinggal meskipun dengan model dan jumlah ruangan yang tetap sama dengan biasanya.

Kesimpulan :
Ternyata arsitektur rumah tradisional lampung bukan hanya digunakan untuk tempat berteduh saja, melain arsitektur rumah tradisional lampung bisa digunakan untuk tempat musyawarah dan menyelamatkan diri dari serangan hewan buas.

Arsitektur rumah adat ini juga dapat dijadikan arsitektur rumah modern bernuansa tropis yang dimana terdapat menggunakan material batu alam dan kayu, kalian bisa konsultasi dengan jasa desain rumah supaya desain rumah idaman kalian menjadi terwujud.

Apa Nama Rumah Adat Lampung?

Rumah adat lampung memiliki nama yaitu Nuwo Sesat, desain rumah nuwo sesat terdiri dari dua kata yaitu nuwo yang berarti rumah dan sesat yang berarti adat jika diartikan Nuwo Sesat memiliki makna rumah adat dalam bahasa lampung.

Rumah Adat yang Ada di Lampung ?

Rumah Nuwo Sesat merupakan salah satu rumah adat yang ada di Provinsi Lampung

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *